Total Pageviews

Powered by Blogger.

Blog Archive

RSS

Ngomongin Sentul 2017

Ada yang tau sirkuit sentul kan? Rencananya pihak MotoGP ingin menyelenggarakan MotoGP di Indonesia tepatnya di Sentul,Bogor. Terkait dengan penandatanganan persetujuan bulan kemarin semakin meyakinkah masyarakat tentang jadi atau enggaknya tahun 2017 ada MotoGP di Indonesia.
Kita simak beritanya dulu….
“Dunia adu pacu Nasional tampaknya harus berbangga hati lantaran Sirkuit Sentul bakal dijadikan sebagai tempat ajang agenda besar di dunia balap motor, MotoGP. Kabarnya MotoGP bakal digelar di Indonesia tepatnya di Sirkuit Internasional Sentul. Berita itu kian meyakinkan saat pemilik penyelenggara MotoGP yaitu CEO Dorna SL dan Carmelo Ezpeleta bertemu dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Direktur Sirkuit Sentul Tintok Soeprapto. Dan bahkan mereka diterima baik oleh keduanya. Tentu bagi pihak Indonesia ini bakal sangat menguntungkan baik itu dalam segi finansial juga sektor pariwisatanya.

Sirkuit Sentul sendiri sebetulnya sudah bukan hal aneh lagi untuk pagelaran Internasional. Pasalnya memang sebelumnya Sirkuit Sentul sudah beberapa kali digunakan sebagai tempat untuk pagelaran tingkat dunia seperti tuan rumah Grand Prix di tahun 1996 dan 1997. Yang pasti tampaknya pihak pemerintah telah bersiap dan mendukung penuh bila memang benar Sirkuit Sentul bakal benar-benar digunakan sebagai tempat dilaksanakannya MotoGP.

Demi melihat peluang bahwa Sirkuit Sentul bakal dipilih untuk adu pacu kelas dunia tersebut tampaknya banyak pihak yang sepakat untuk melakukan berbagai persiapan untk mendukung acara itu. Dengan gotong royong mereka mulai memperbaiki Sirkuit Sentul. Pasalnya, layak tidaknya Sirkuit Sentul ini digunakan sebagai arena MotoGP tak hanya menjadi tanggung jawab 1 Kementerian saja. Melainkan, supaya agenda tersebut benar-benar bisa terwujud harus ada kolaborasi dari berbagai pihak.

Seperti yang telah diketahui, bila memang Indonesia positif menjadi ajang pagelaran dunia MotoGP, maka hal itu akan mendorong ke atas nama bangsa. Dengan adanya sebuah acara dunia seperti MotoGP tentunya bakal meningkatkan berbagai keuntungan untuk negara yang berhasil menjadi tuan rumah, baik itu dari segi pariwisata, olah raga, bahkan hingga tingkat industrinya. Sehingga tak heran bila pihak Indonesia wajib bersedia secara penuh untuk menyiapkan Sirkuit Sentul supaya pantas menjadi arena digelarnya MotoGP 2017 nanti. “ Cidahu News
Kalau ini beneran terjadi mungkin akan ada perubahan di tahun 2017 nanti.
Di Indonesia banyak sekali fans Rossi. Gak kebayang kalau ini bakalan berpengaruh besar. Bendera persija bakalan kalah sama bendera The Doctor46. Gak ada lagi perselisihan antara “The Jak dan Viking” yang ada malah perselisihan antara “Lorenzo dan Marquez” . Semua media sosial rame sama MotoGP,yang tadinya gak tau jadi tau dan yang udah tau malah pengetahuannya bertambah. Yang gue khawatirin disini,layaknya suporter bola lagi nonton pertandingan bola terjadi kericuhan di bangku penonton antara The Jack dengan Viking. Nanti kalau ada MotoGP di Indonesia bakalan ada kericuhan antara fans Lorenzo dengan fans Marquez sang Semut Merah. Rossi? Fans Rossi mah kalem-kalem. Gak banyak tingkah yang penting kuning-kuning selalu di hati. Mungkin bakalan ada tawuran antara fans Lorenzo dan fans Marquez. Ya tau sendiri lah keadaan di Indonesia,dikit-dikit tawuran,dikit-dikit berantem padahal mah cuman masalah sepele. Semoga kedepannya gak akan ada lagi orang bodoh yang ngelakuin itu.

Ngomongin sirkuit,gue pribadi bukannya ingin menyombongkan diri,tapi gue udah beberapa kali ke Sentul,biasanya nonton Drag Race. Gue sendiripun kalau ngeliat sirkuitnya memang belum masuk kriteria sirkuit internasional karena masih banyak kekurangan. Peran sirkuit disini SANGAT PENTING untuk kemulusan penyelenggaraan MotoGP. Dengan lintasan yang seadanya akankah penyelenggaraan MotoGP akan berjalan dengan lancar? Pasti enggak. Malah malu-maluin panitia.
Sentul sudah berumur lebih dari 20 tahun, memang sudah selayaknya dilakukan renovasi, terutama untuk rencana penyelenggaraan MotoGP tahun 2017. Untuk perlu perubahan desain dimaksud, menurut Tilke perlu waktu enam bulan. Dan untuk renovasinya hanya perlu tak lebih dari satu tahun.
Gue sering banget nonton MotoGP dan yang gue lihat, baik dari fasilitas, penyelenggaraan dan teknologi itu luar biasa. Sementara untuk Indonesia penyelenggaraan kelas standar saja masih jauh dari kata sempurna. Tapi ini bisa direncanakan dan diperbaiki lagi kalau memang benar-benar niat.

Sentul saat ini sedang ngebut membenahi seluruh fasilitas, baik dari yang akan digunakan untuk membalap atau segala penunjangnya. Semua jalur, paddock mundur 8 meter, selain itu press room juga harus diperbesar.


 Ya kita berdoa aja semoga penyelenggaraan MotoGP nanti berjalan dengan lancar dan sepertinya gue akan menabung dari sekarang :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: