Total Pageviews

Powered by Blogger.

Blog Archive

RSS

MotoGP Le Mans



Kali ini gue bakalan ngebahas tentang MotoGP salah satu olahraga favorite gue. MotoGP yang kali ini menjadi topik pembicaraan diblog gue adalah GP Perancis di sirkuit Le Mans.
Buat kalian yang belum tau apa itu MotoGP kita mulai dari pengertiannya :

MotoGP adalah kelas tertinggi dalam dunia olahraga balap motor. Satu musim balapan dilangsungkan sebanyak 18/19 seri. Yang mengunjungi 4 benua dan 15 negara.”

Kalo ditanya “jagoan di MotoGP siapa sih?”

Jagoan gue di MotoGP adalah Jorge Lorenzo dia berasal dari Spanyol yang bergabung di team Yamaha. Jorge Lorenzo sudah menjadi juara dunia 2 kali di tahun 2010 dan tahun 2011.
“Kenapa sih suka sama Lorenzo?” kalo ditanya kenapa yaa banyak yang gue suka dan kagum dari dia. Dia itu pembalap yang sangat agresif saat di sirkuit. Dia pembalap yang apa adanya kalo settingan motornya lagi jelek yaa dia bilang jelek  dan dia langsung complain,kalo motornya lagi bagus yaa dia bilang bagus. Dia juga pembalap yang “main aman” maksud main aman itu karena dia berfikir “point itu penting,jangan sampe kehilangan point gara-gara crash”. Dia itu pembalap yang “semuanya ingin sempurna” karena menurut dia “ gue pembalap professional,kalo mau liat gue tampil mengagumkan settingan motor harus sempurna”

Di TV MotoGP dibilang tayangnya jam 5,tapi karena gue sudah memahami lebih dalam yang ternyata MotoGP itu tayangnya jam 7 malam,langsung aja gue nyalain tv tepat jam 7 dan ternyata pas banget para pembalap MotoGP udah ada di Starting Grid.

Di starting grid kali ini di posisi pertama ada Marc Marquez dari Honda,di posisi kedua ada Andrea Dovizioso dari Ducati dan diposisi ketiga ada Jorge Lorenzo dari Yamaha.
Di awal lap memang terjadi persaingan sengit antara Marc Marquez,Jorge Lorenzo dan Andrea Ianonne bahkan sempat terjadi senggolan kecil.
Seiring berjalannya waktu Lorenzo lah yang memimpin lap awal. Pasti semua bertanya-tanya “ada apa dengan Marquez?” dia itu lagi cedera dan sedang dalam proses penyembuhan,jadi kondisi dia pun gak sepenuhnya 100%,tapi gue tetep salut sama dia karena dia bisa bertarung dengan Ianonne dan itu seru banget.

Di awal-awal race ada pemandangan yang menurut gue gak ngenakin banget. Dani Pedrosa yang baru aja operasi karena cedera tangan dan masih dalam proses penyembuhan setelah dia absen di 2 seri sebelumnya dia mengalami Crash di 27 laps to go tepatnya disektor 6. Dia berusaha bangkit dan meraih motornya sehingga dia berfikir “balapan ini harus diselesaikan” walaupun peluang podium atau 5 besar sangat tipis sekali.

Hal yang sangat mengagumkan buat gue terjadi,ternyata Lorenzo fastest lap 1:33:004. Disusul Rossi yang juga fastest lap 1:32:897. Duo Yamaha yang mengaggumkan di awal-awal race.
Hal buruk terjadi pada Scott Redding yang crash di turn 6 dan Cal Crutchlow juga crash di 21 laps to go di turn 6. Sudah 3 pembalap yang jatuh di turn 6,ada apa ini? Apa turn 6 adalah tempat yang “berbahaya”. Disusul Jack Miller yang mengalami crash,haruskan Jack harus lebih memahami MotoGP yang sangat berbeda dengan Moto3.

Penampilan yang menegangkan gue lihat saat Ianonne,Marquez dan Dovi dengan berjuang sekuat tenaga,secepat dan selihai mungkin memperebutkan posisi ke-3 karena posisi 1 ada Lorenzo dan diposisi ke-2 ada Rossi. Battle yang paling menegangkan antara Ianonne dengan Marquez karena mereka memang sama-sama kuat dan lihai tapi apa daya yang ternyata menempati posisi ke3 adalah Dovi dari Ducati yang berhasil merebut posisi ke-3.

Sama kayak diawal Lorenzo diawal sampai diakhir race tetap memimpin. Dan dialah Champion dari circuit Le Mans,Perancis. 5 kali dia sudah memenangkan GP Perancis di circuit Le Mans dan sudah 5 kali bendera Lorenzo’s Land dikibarkan di circuit Le Mans.

ini dia mari kita lihat klasemen nya :
Klasemen Lengkap MotoGP 2015 -
Pos. Rider Bike Nation Points
1 Valentino ROSSI Yamaha ITA 102
2 Jorge LORENZO Yamaha SPA 87
3 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 83
4 Marc MARQUEZ Honda SPA 69
5 Andrea IANNONE Ducati ITA 61
6 Cal CRUTCHLOW Honda GBR 47
7 Bradley SMITH Yamaha GBR 46
8 Pol ESPARGARO Yamaha SPA 35
9 Aleix ESPARGARO Suzuki SPA 31
10 Maverick VIÑALES Suzuki SPA 27
11 Danilo PETRUCCI Ducati ITA 25
12 Yonny HERNANDEZ Ducati COL 20
13 Scott REDDING Honda GBR 13
14 Hector BARBERA Ducati SPA 13
15 Dani PEDROSA Honda SPA 10
16 Nicky HAYDEN Honda USA 8
17 Loris BAZ Yamaha Forward FRA 6
18 Jack MILLER Honda AUS 6
19 Hiroshi AOYAMA Honda JPN 5
20 Alvaro BAUTISTA Aprilia SPA 3
21 Eugene LAVERTY Honda IRL 2
22 Stefan BRADL Yamaha Forward GER 1

Lagi-lagi Tim Honda tampil buruk, Marquez yang start dari pole position sempat terpuruk diposisi ke 7 bahkan untuk finis ke 4 saja Marquez butuh perjuangan yang sangat keras untuk melawan Iannone dan Bradley Smith.

Sementara posisi empat dan lima diisi oleh dua pembalap yang baru saja menyelesaikan duel menegangkan mereka Marquez yang menang atas Iannone berhak atas posisi ke-4

MotoGP 2015 Le Mans. Lorenzo tampil sebagai Juara. Rossi Luar Biasa di Klasemen. Le Mans memang milik Yamaha. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi tiba di garis finish dengan jarak 12 detik dari lawannya. Kiniskor 4-1 Yamaha vs Honda.

pokoknya GOOD JOB buat Duo Yamaha!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: